Mengenal Terminal Bis Baru, Stasiun JR Shinjuku – Tokyo

Author: ilgotrip

Tak kenal, maka tak sayang. Peribahasa ini mungkin cocok di kala dulu terbersit di pikiran saya saat tahun 2013 pergi ber-grup dengan teman-teman, pertama kalinya saya melihat peta bagian dalam stasiun JR (Japan Railway) Shinjuku. ‘Wih luas banget ni stasiun! Banyak banget jalur-jalur keretanya!’ Sepertinya sudah stress duluan saat itu. LoL

Walaupun di tahun 2016 ini, kali ke-2 saya ke Tokyo, tapi solo travelling, saya belum hafal-hafal amat luar dalam stasiun ini, tapi lumayan sudah punya sedikit ‘bekal’ mungkin ya. hehe

Tapi, yang akan saya infokan di sini adalah perihal terminal bis luar kota-nya Tokyo yang berada terkoneksi dengan stasiun JR Shinjuku. Semoga sedikit info berikut bisa menjadi tambahan ‘bekal’ untuk pembaca blog ini di saat harus hilir mudik melewati stasiun JR Shinjuku untuk menuju luar kota dengan bis.

Buat yang belum tahu, terminal bis baru Shinjuku, dibuka awal April 2016 kemarin, Shinjuku Expressway Bus Terminal (Basuta Shinjuku), letaknya di NEW South Exit JR Shinjuku – JR Shinjuku Station Building Lantai 4, dan seperti terlihat di foto, ia berada di satu gedung dengan NEWoMan Building. Di belakang gedung ini juga terdapat Takashimaya mall (di mall tersebut ada prayer room untuk tempat sholat juga lho, dan ada KitKat Chocolatory).

Terminal ini paling mudah diakses dari Exit 2 JR Shinjuku station, dekat dari exit gate Keio New Line atau Toei Oedo Line. Dari Exit 2 ini, tinggal belok atau menghadap ke kanan, jalan sekitar 50 meter dan akan langsung bertemu dengan lift yang akan membawa kalian ke Lantai 4, tempat Bis & loket tiket berada. Bis Willer, Bis ke Kawaguchi atau Fuji, Bis Airport Haneda atau Narita yang start dari Shinjuku, mayoritas semuanya dari terminal ini.

Kalau kalian naik taksi, taksi akan berhenti di Lantai 3, lalu bisa dilanjutkan naik eskalator. Kemarin saya dan teman-teman (yang tripnya menyusul saya), sharing cost alias patungan naik taksi dari hotel ke sini (karena tidak terlalu jauh dari hotel tapi tidak mau geret-geret koper, Dari daerah Hatagaya Shibuya ke terminal hanya berjarak 3km – tarif yang harus kami keluarkan 1800 Yen total), karena saat pulang ke Indonesia kami bertiga masing-masing membawa troly koper kabin + bag carry yang cukup besar dan berat untuk menuju Airport Haneda dengan Airport Bus Limousine. Sebagai info, dari terminal Shinjuku, bis limousine airport bertarif 1230 Yen one way, sekitar 45 menit menuju airport Haneda jika tidak macet. Saat pagi, bis airport ada setiap 15 menit sekali, menjelang sore hingga malam, bis airport tersedia setiap 30 menit.

Fasilitas terminal bis Shinjuku ini cukup lengkap menurut saya dan cukup nyaman. Seperti : toilet & wastafel untuk bersih-bersih diri sebelum naik bis malam, locker room, ruang tunggu yang luas, ATM Seven Bank, Free Wifi, vending machine air minum, dan Information Staff yang helpful.

Saya sempet diwawancara pas di sini..tapi ga tau deh oleh televisi atau media cetak mana… huehehheh
Info detail terminal : http://www.japanvisitor.com/japan-transport/highway-buses-shinjuku-station

written By : ilgotrip – Syarifatul Ulfah

(Note : Informasi ini pernah saya posting juga di grup Facebook Backpacker Dunia)

Share Link to Friends: